Kamis, 26 April 2018

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Peralatan Rock Climbing Beserta Fungsinya

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Peralatan Rock Climbing Beserta Fungsinya

Olahraga ekstrim menjadi salah satu pilihan banyak orang di era modern saat ini. Olahraga ekstrim memang mampu menantang adrenalin. Tak hanya para pria, banyak juga wanita yang suka dengan olahraga ekstrim ini. Salah satu olahraga yang banyak jadi pilihan adalah rock climbing atau panjat tebing. Panjat tebing sendiri adalah olahraga outdoor yang bisa ancam nyawa apabila melakukan kesalahan. Untuk itu peralatan keamanan menjadi salah satu kunci penting demi keselamatan Anda.

Peralatan untuk keamanan tentu menjadi peralatan penting di olahraga panjat tebing. Peralatannya juga tak sedikit dan memiliki fungsi yang amat penting. Berikut ini beberapa jenis peralatan keamanan untuk panjat tebing beserta fungsinya:

1. Tali karmantel
Tali menjadi peralatan olahraga panjat tebing yang paling penting. Fungsinya adalah sebagai pengaman hingga menyentuh tanah. Tali karmantel sendiri memiliki beberapa jenis mulai dari statis, dinamis dan juga semi statis dimana masing-masingnya punya fungsi berbeda. Berikut ini beberapa fungsinya:

• Tali statis - kelenturannya 15 hingga 20% dan standar yang dipakai adalah 10,5 mm. Biasanya tali ini dipakai untuk rappelling atau ketika turun dari ketinggian.
• Tali dinamis - kelenturannya 30% dimana daya lenturnya tinggi. Untuk tali karmantel ini dinamis dengan daya kejutnya yang tinggi dan cocok untuk panjat tebing.
• Tali semi statis - kelenturannya diantara tali statis dan tali dinamis. Tali ini cocok untuk rappelling maupun climbing.

2. Hardness
Untuk peralatan keamanan selanjutnya adalah hardness dimana merupakan alat penopang tubuh terikat di pinggang untuk pengaman nantinya terhubung ke tali. Untuk bentuknya, hardness ini dibagi tiga yakni seat hardness, full body hardness dan chest hardness. Ketiganya memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda untuk rock climbing. Anda bisa mendapatkannya di situs belanja online untuk hardness ini.

3. Carabiner
Peralatan keamanan lainnya adalah carabiner. Carabiner ini merupakan cincin kait dimana mampu menghubungkan alat yang satu dengan alat lainnya misalnya tali dengan pemanjat, antara tali dengan tali serta pemanjat dan juga anchor untuk pengaman. Carabiner ini terbuat dari alloy alumunium ringan serta memiliki kekuatan yang tinggi. Untuk kekuatan dari carabiner ini terletak di pen yang sudah tersedia.

4. Ascender
Ascender adalah alat untuk dapat membantu pemanjat agar bisa menaiki lintasan talinya. Ascender ini akan makin menguji jika diberi bebas dan juga bisa melonggar apabila tak diberikan beban. Berdasarkan pegangan, Ascender terbagi jadi dua yakni handle Ascender dan juga non handle Ascender dimana keduanya punya fungsinya masing-masing.

5. Descender
Selain ascender, ada juga Descender dimana merupakan alat yang bisa membantu pemanjat sehingga bisa menuruni tali. Untuk fungsinya adalah dapat menahan laju alat tali sehingga bisa menjaga pendakinya agar tak meluncur bebas.

6. Webbing
Webbing adalah alat panjat tebing dengan bentuk yang pipih mirip pita. Webbing terbuat dari bahan nylon dan juga tak terlalu kaku dan lentur. Webbing sendiri memiliki panjang sampai 5 meter untuk standarnya serta dengan beberapa fungsi agar bisa dipakai untuk hardness untuk pengikat tubuh dan anchor.

Itulah beberapa peralatan keamanan dalam olahraga rock climbing. Olahraga yang satu ini memang termasuk sebagai olahraga ekstrim sehingga wajib sekali untuk Anda selalu memperhatikan dari segi keamanan Anda. Keselamatan sangat penting dalam aktivitas apapun. Untuk itu, ada baiknya lengkapi semua peralatan keamanan yang dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger