Kamis, 05 April 2018

Punya Pasangan Membuat Seseorang Mudah Gemuk Sains Jelaskan

Punya Pasangan Membuat Seseorang Mudah Gemuk Sains Jelaskan

Bagi para pria dan wanita yang sudah berpasangan, tidak ada salahnya untuk tetap mencermati menu makanan Anda. Sebab, ketika sudah nyaman bersama si "dia", berat badan Anda bisa naik mendadak. 

Para ilmuwan dari Universitas Central Queensland, Australia, menganalisis data dari 15.000 orang selama kurang lebih 10 tahun. Mereka menemukan bahwa seseorang yang memiliki pasangan bisa mengalami kenaikan berat badan hingga 5,7 kilogram per tahun, sedangkan yang tidak memiliki pasangan atau masih melajang hanya naik 1,7 kilogram per tahun.

"Saat seseorang merasa tidak harus langsing dan menarik perhatian pasangannya lagi, dia akan merasa nyaman dan aman saja saat menyantap makanan yang berlemak dan mengandung banyak gula dalam porsi banyak," kata Stephanie Schoeppe, peneliti utama, kepada New Scienctist, Senin (12/3/2018).

Pasangan yang sudah jadi orangtua juga cenderung menghabiskan sisa makanan anak mereka, imbuh Schoeppe lagi.

Sementara itu, Dr Jerica Berge dari Universitas Minnesota melihat bahwa penyebab utama kenaikan berat badan di antara pasangan adalah acara makan malam yang romantis dan kebiasaan sosial pasangan yang berkutat pada makanan.

Padahal, para peneliti Universitas Central Queensland menemukan bahwa pola hidup seseorang yang sudah berpasangan tidak lebih buruk daripada mereka yang melajang.

Seseorang yang memiliki pasangan justru lebih banyak makan buah-buahan, serta menjauhi rokok dan alkohol. Mereka juga memiliki jam olahraga yang serupa.

Namun, berpasangan bukan sesuatu yang buruk. Secara rata-rata, orang-orang yang sudah menikah ditemukan lebih bahagia, tidak kesepian, dan memiliki kehidupan seksual yang lebih memuaskan dari orang-orang yang lajang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang memiliki pasangan memiliki kemungkinan untuk mati prematur 10 hingga 15 persen lebih rendah dibandingkan dengan populasi secara keseluruhan. Hal ini mungkin karena ada pasangan yang menjaga kesehatan mereka.

Lalu, Jay Zagorsky, peneliti dari Universitas Ohio, menjelaskan bahwa pasangan yang sudah menikah akan lebih mapan secara ekonomi karena ada dua sumber pendapatan untuk hidup mereka. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger